SELAMAT DATANG

"Masa depan adalah milik mereka menghargai mimpi-mimpi indah mereka"

Selasa, 07 Agustus 2012

NEW AUSTRIAN TUNNEL METHOD (NATM), ROCK SUPPORT & REINFORCEMENTS, AND BLASTING IN UNDERGROUND


Ruang bawah tanah terus meningkat diciptakan untuk menemui kebutuhan struktur bawah tanah yang bergelombang di dalam kedua area yang pedesaan dan berkenaan dengan kota. Dalam menciptakan suatu ruang bawah tanah, merupakan salah satu ukuran paling utama untuk mengembangkan kapasitas yang memuat perlindungan maksimum menyangkut dinding untuk menyediakan stabilitas menyangkut ruang yang digali itu. prinsip atau Filosofi ini adalah inti dari New Metoda Pembangunan Terowong Dari Austria ( NATM). Dalam rangka membuat filosofi ini ke dalam pemakaian praktek, semua tersedia yang memungkinkan untuk digunakan ( Sauer, 1990), terutama di dalam landasan yang kuat, untuk membuat penakanan di dalam batu yang baik serta seimbang dapat ditinjau kembali di sekitar area yang digali seperti diuraikan oleh Müller dan Fecher ( 1978) ( Sauer dan Gold 1989). Praktek ini tersiratkan dengan kemampuan aplikasi NATM yang bisa menyediakan fleksibilitas terhadap penggalian struktur bawah tanah yang efektif (Sauer, 1990), terutama untuk struktur bawah tanah dengan potongan melintang berbeda atau struktur yang digali oleh bor untuk diledakkan. Di Cina, bor dan peledakan memiliki suatu peran dominan di konstruksi terowongan. Kemampuan aplikasi NATM member prinsip pemboran dan peledakan memberikan suatu kesempatan baik menjadi berharga dan konstruksi memeriksa prosedur efektif. Sebagai negara sedang berkembang, dengan tingkat tarif yang tinggi dan terus meningkat yang ekonomis, situasi ini akan cukup untuk suatu periode lama dalam kaitan dengan tenaga kerja yang sangat besar tetapi juga kondisi-kondisi berhubungan geologi berbeda di Negeri China. Umumnya konstruksi terowongan yang diterima itu tergantung pada kooperasi efektif antar pekerjaan dilibatkan. Pemakaian NATM merupakan prinsip efektif yang mungkin menyediakan basis yang umum, pada pekerja yang dilibatkan bekerja sama secara efektif di dalam konstruksi terowongan.
Konsep NATM telah secara luas diterima dalam bidang struktur bawah tanah dan terowongan yang didesain dan konstruksi di Negeri China sejak 1980. Dengan cara yang sama di dunia, ada beberapa penjelasan dan definisi di dalam pasar konstruksi dan akademi. Dalam Praktek, ada pada umumnya suatu gap besar antar pekerja dilibatkan dalam pemahaman arti dari NATM. Dalam kontribusi ini, konsep NATM di Negeri China adalah pertama ditinjau. Pengaruh menyangkut konsep NATM pada analisa kuantitaif pada desain terowongan dan konstruksi dengan singkat diuraikan dalam kaitan dengan FEM. yang didasarkan pada Situasi praktis di  Negeri China, diskusi memusat pada kerugian NATM aplikasi. Yang menjadi penyebab utama adalah dalam kaitan dengan maksud/arti berbeda dalam prakteknya. Usul diusulkan kepada pendidik yang  sedang menghamburkan konsep NATM.
Dalam industri pertambangan konsep ini tentu sangat berguna khususnya pada tambang bawah tanah (underground mining). Karena pada konsep ini sudah dijelaskan metode-metode tentang bagaimana hubungan antara kekuatan batuan pendukung terhadap terowongan yang akan dibuat sehingga terowongan pada tambang bawah tanah nantinya akan lebih kuat untuk menopang tanah diatas selama umur tambang tersebut. Selain itu konsep ini juga men jelaskan hubungan antara pembuatan terowongan dengan tata cara peledakan bawah tanah, sehingga ledakan yang ada efektif dan tidak merusak dan dapat merugikan.

Gambar desain terowongan (kiri) pengontrolan terowongan bawah tanah (kanan)



                                                                                                     

Gambaran dasar konsep NATM (New Austrian Tunnel Method)

Tidak ada komentar: