Rabu, 04 Juni 2014

11 Mobil Dengan Konsumsi BBM Paling Irit di Indonesia

Mobil dibeli dengan berbagai alasan, mulai dari keamanan, efisiensi muatan penumpang sampai dengan fitur yang bertebaran di mana mana. Namun salah satu yang jadi pertimbangan paling berat biasanya ada di ongkos maintenance, dalam hal ini, konsumsi BBM nya.
Mobil dengan status LCGC sudah pasti merajai konsumsi BBM-nya, beberapa di antaranya berada di kelas mid-hatchback dan small hatchback. Namun tak menutup kemungkinan bahwa mobil dengan konsumsi amat hemat juga disandang oleh mobil dengan kelas yang lain.
Mobil dengan konsumsi bahan bakar yang hemat sudah pasti akan memberikan kesan tersendiri bagi calon pembelinya. Nah, kira-kira mobil mana saja yang dianggap paling hemat konsumsi bahan bakarnya di Indonesia?

11. Hyundai Santa Fe
Mobil dengan kelas SUV memang tidak terlalu banyak yang bisa dianggap irit, namun di antara yang lainnya, Hyundai Santa Fe memberikan opsi yang bagus.
Hyundai Santa Fe dibekali jantung pacu sebesar 2.199cc, bertenagakan 198 hp. Yang membuat mobil ini hemat BBM adalah torsi nya yang hanya mencapai 445 Nm, cukup kecil untuk mobil sekelas SUV. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 15 km/l untuk luar kota.

10. Mazda 6
Pabrikan Mazda yang memperbaharui semua produknya menggunakan SKYACTIV tidak ketinggalan menyematkannya juga pada Mazda 6. Mobil ini bermesinkan SKYACTIV dengan 2.488cc 4 silinder.
Dengan tenaga yang cukup besar sejumlah 192 hm dan konsumsi BBM nya yang tercatat 10,75 km/l untuk dalam kota, dan 15,5 km/l untuk luar kota.

9. Mercedes Benz B200 BlueEfficiency
Teknologi BlueEfficiency beserta Auto Start/Stop membuat Mercy yang satu ini tetap hemat meskipun kemampuannya juga impresif, karena mampu berakselerasi sampai 100km/jam hanya dalam 9 detik.
Mobil ini dipersenjatai dengan mesin berukuran 1.595cc dengan tenaga mencapai 154 hp. Konsumsinya pun cukup impresif, di luar kota mobil ini menghabiskan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 15,87 km.

8. Nissan Grand Livina X-Gear
MPV dengan konsumsi hemat bahan bakar yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan. Mobil pabrikan Jepang yang satu ini bisa hemat lantaran penggunaan CVT atau Continuous Variable Transmission.
Mobil ini dibekali jantung pacu sebesar 1.498cc 4 silinder dengan tenaga 109 hp. Konsumsi BBM nya adalah sebesar 12,8 km/l dalam kota dan 18,4 km/l untuk luar kota.

7. Toyota Camry Hybrid
Sedan mewah ala Toyota ternyata juga tidak luput untuk berlomba jadi yang paling hemat menggunakan teknologi Hybrid yang disematkan padanya.
Mobil ini bermesin sebesar 2.494cc dengan tenaga 143 hp dan torsi 270 NM. Konsumsi BBM nya cukup mengejutkan untuk mobil dengan mesin sebesar ini, yakni 16 km/l dalam kota dan 19 km/l luar kota

6, Peugeot 607
Mobil asal Eropa yang selalu memberikan warna tersendiri bagi dunia otomotif di Indonesia, dan siapa sangka Peugeot yang satu ini juga punya level kehematan konsumsi bahan bakar yang lumayan. Peugeot 107 hadir dengan mesin 998cc.
Tenaga dari mobil ini menyentuh angka 68 hp dengan torsi 93 Nm pada rotasi 3.600 rpm. Konsumsi bahan bakarnya yakni sebesar 15,3 km/l dalam kota dan 19,72 untuk luar kota.

5. Nissan March
Mobil Nissan March merupakan salah satu model city car yang paling laku di antara banyak model city car lainnya, tentu dengan pertimbangan konsumsi bahan bakar yang sangat baik dan harga yang terjangkau.
Nissan March dilengkapi mesin 1.200cc 3 silinder. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 15,4 km/l dan 19,8 km/l untuk penggunaan di jalan bebas hambatan.

4. Honda Brio Satya
Mobil LCGC memang dirancang untuk memenuhi standart konsumsi BBM yang hemat dan efisien, sehingga wajar apabila produk Honda yang satu ini juga jadi pilihan banyak orang yang menginginkan mobil hemat.
Honda Brio Satya dikemas dengan mesin 1.198cc 4-silinder, dengan transmisi manual. Mobil ini mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk bisa dipergunakan sejauh 20,1 km di luar kota.

3. Chevrolet Spin
Mobil dengan mesin sebesar 1.248cc dengan 4 silinder ini memfasilitasi para konsumennya dengan common rail direct injection dengan turbocharger berjenis fixed geometry.
Tenaganya sampai 75 hp dan torsi maksimal 190 Nm pada putaran 1.750 rpm. Otomatis membuat SPIN yang satu ini jadi salah satu yang paling irit di Indonesia. Konsumsi BBM nya 13,85 km/l untuk penggunaan dalam kota dan 21 km/l untuk penggunaan jalan bebas hambatan.

2. Mitsubishi Mirage Exceed 
Bukan kejutan apabila model small hatchback juga masuk dalam kategori mobil hemat, salah satunya Mitsubishi Mirage Exceed yang satu ini.
Dengan mesin sebesar 1.193cc dan bersilinder 3, mobil ini mampu meletupkan tenaga sebesar 75 hp. Konsumsinya juga amat baik, sebanyak 13,5 km/l dalam kota dan 21,4 km/l untuk penggunaan luar kota.

1. BMW 3
Siapa sangka kalau salah satu mobil paling hemat di Indonesia dipegang mobil mewah, bukannya mobil dengan status LCGC. BMW 320d mengusung Twin-Power Turbo, membuat konsumsi bahan bakarnya juga jadi irit tanpa mengurangi performanya.
Mobil ini dibangun dengan mesin diesel sebesar 1.997cc 4 silinder, bertransmisi 8-speed dan menggunakan Auto Start/Stop, konsumsi BBM dalam kotanya mencapai 14,5 km/l sedangkan istimewanya konsumsi bahan bakar luar kotanya mencapai 24,5 km/l.

dikutip dari http://www.otosia.com

0 komentar: